Pengabdian Masyarakat Kolaborasi Mitra oleh Dosen Program Studi Bisnis Digital Sarjana Terapan FBE UII dan Genpro DIY Kedu bertajuk Pelatihan Marketing Plan untuk Peningkatan Daya Saing dan Pendapatan UMKKM
Yogyakarta,7 Desember 2023. Persaiangan usaha yang ketat menuntut UMKM untuk mampu memiliki strategi bisnis yang efektif guna mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Namun, kondisi UMKM saat ini banyak yang masih belum memiliki perencaan strategi pemasaran yang matang. UMKM cenderung melaksanakan pemasaran berdasarkan media yang tersedia dan dikuasai. Untuk itu, dosen Program Studi Bisnis Digital Sarjana Terapan FBE UII, Tri Lestari Wahyuning Utami, S.E., M.Sc. bermitra dengan Genpro DIY Kedu bermaksud mengadakan pelatihan marketing plan untuk UMKM. Genpro (Global Enterpreuneur Profesional) merupakan komunitas UMKM yang memiliki jaringan di 34 Provinsi dan 200 kabupaten kota yang tersebar di Indonesia. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini didukung oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Islam Indonesia (UII).
Kegiatan pelatihan diikuti oleh anggota Genpro DIY Kedu yang telah memiliki karyawan minimal 2 (dua) orang dan usahanya telah berjalan minimal 2 (dua) tahun. Acara terbagi dalam 2 (dua) rangkaian acara yaitu penjelasan materi dan pelatihan. Pada acara pertama, peserta diberikan penjelasan materi mengenai bagaimana menyusun perencanaan pemasaran. Sebelum itu, materi tentang pentingnya integrasi branding, marketing, dan selling dijelaskan. Tujuan dari materi ini adalah memberikan pemahaman bagaimana memahami kategori konsumen yang ingin dituju dan kebutuhannya serta dinamika pasar mulai dari perubahan tren. Acara kedua, pelatihan diberikan dimana peserta diminta untuk membuat pemetaan bisnisnya yang memuat brand, data mengenai konsumen, kompetitor, konsep positioning dan tagline, komunikasi, dan bagaimana mengukur keefektivan kegiatan pemasaran yang telah dilakukan. Peserta juga diminta untuk membuat tabel perbandingan pesaing, siklus marketing, dan proyeksi penjualan tahun 2024. Pada acara ini, peserta diberikan kebebasan untuk bertanya, diskusi, dan berkonsultasi.
Acara ini diharapkan memberikan kelanjutan bagi perkembangan kemajuan UMKM. Artinya, kegiatan pelatihan ini tidak cukup hanya pada saat kegiatan ini dilaksanakan tetapi memiliki keberlanjutan. Oleh karena itu, monitoring dan evaluasi dilakukan melalui sama dengan Genpro DIY Kedu untuk memantau apakah outcome dari kegiatan ini terlaksana. (TLU)