Informasi Kegiatan PKD dan PPD

Informasi Kegiatan Susulan PKD dan PPD

Assalamualaikum
kami dari DPPAI UII menginformasikan kepada mahasiswa angkatan 2022 yang belum mengikuti kegiatan PKD dan PPD dapat mengikuti kegiatan tsb pada tahun ini di antara bulan Mei-Juli 2024

Bentuk Kegiatan:
– Dilaksanakan secara Offline/Luring di kampus
– Gabung dengan mahasiswa angkatan 2023
– PKD 1 dilaksanakn pada hari Sabtu, pukul 08:30 s/d 12:30
– PPD dilaksanakan pada hari Ahad, pukul 07:00 s/d 15:00

Prosedur pendaftaran:
– Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp. 100.000 untuk PKD dan Rp. 100.000 untuk PPD
– Jika peserta mendaftar keduanya (PKD dan PPD) maka cara transfer tetap dilakukan satu persatu, yaitu Rp. 100.000 sebanyak 2 kali transfer
– Pembayaran dapat ditransfer ke bank BSI (Bank Syariah Indonesia), norek 7888116669 atas nama DPPAIUII
– Bagi yang sudah melakukan pembayaran dapat mengisi form dibawah berikut, untuk mengisi identitas dan upload bukti pembayaran: https://forms.gle/EZv4jU4iC2jHijda8
– Peserta yang sudah mendaftar akan kita infokan kembali via WA terkait waktu pelaksanaan dan info lainnya.

Terima kasih
Wassalamualaikum

Evaluasi Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Program Bisnis Digital Sarjana Terapan FBE UII

Evaluasi Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Program Bisnis Digital Sarjana Terapan FBE UII

YOGYAKARTA – Selasa, 28 Mei 2024, Program Bisnis Digital Sarjana Terapan FBE UII mengadakan evaluasi visi, misi, tujuan, dan kurikulum Prodi. Untuk acara ini, Prodi menghadirkan Doc. Dr Nataša Kovač dari Faculty of Applied Sciences, University of Donja Gorica, Podgorica, Montenegro. Dr Nataša memiliki disiplin ilmu pada bidang applied mathematics, software engineering, dan artificial intelligence (AI). Dengan latar belakang disiplin ilmu tersebut, tujuan dari evaluasi ini adalah mendapatkan review dan masukan dari Dr Nataša yang merupaka narasumber internasional dengan berbagai pengalaman dan menekuni digitalisasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Arif Hartono, M.Ec., Ph.D. (Ketua Jurusan), Bapak Arief Darmawan, S.E., M.M. (Ketua Program Studi Bisnis Digital), Ibu Andriyastuti Suratman, S.E., M.M. (Sekretaris Program Studi Bisnis Digital), Ibu Dr. Majang Palupi (perwakilan dosen Jurusan Manajemen) dan dosen Prodi Bisnis Digital FBE UII.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, Prodi Bisnis Digital sudah mengirimkan visi, misi, tujuan, dan kurikulum untuk dievaluasi dan review oleh Dr Nataša. Kegiatan ini sebegai kegiatan lanjutan untuk dapat memperoleh feedback secara langsung sekaligus diskusi. Pada kegiatan ini, Dr Nataša banyak memberikan masukan mengenai bagaimana menuliskan visi, misi, dan tujuan yang sesuai dengan Prodi dan dikaitkan dengan perkembangan industri saat ini terutama perkembangan digital. Masukan-masukan dari Dr Nataša direspon positif oleh Prodi Bisnis Digital dengan memberikan umpan balik atas masukannya. Pembahasan visi, misi, dan tujuan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai kurikulum. Dr Nataša memberikan banyak masukan mengenai mata kuliah dan implementasinya dimana setiap mata kuliah/courses dikaitkan dengan perkembangan teknologi (salah satunya artificial intelligence – AI). Dr Nataša juga memberikan gambaran mengenai beberapa mata kuliah penting yang berguna untuk mengasah skill mahasiswa salah satunya terkait komunikasi dan presentasi. Mengingat Dr Nataša memiliki latar belakang matematika, beliau juga memberikan masukan bagaimana desain kelas yang menantang dimana pada mata kuliah matematika bisnis tidak diajarkan teori dan penyelesaian soal tetapi lebih ke kasus-kasus bisnis. Terakhir, diskusi membahas mengenai pentingnya etika dalam penggunaan AI.

Dari berbagai masukan dan hasil diskusi, Prodi Bisnis Digital FBE UII mendapatkan banyak insight untuk perbaikan visi, misi, tujuan, dan kurikulumnya. Selain itu, Prodi juga mulai memikirkan untuk melakukan pengembangan terkait fasilitas dan proses pembelajaran. Evaluasi visi, misi, tujuan, dan kurikulum ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah Prodi dalam proses growth-nya untuk internasionalisasi. Hasil dari evaluasi ini dijadikan bahan pertimbangan Prodi dalam melakukan perbaikan visi, misi, tujuan, dan kurikulum. (TLU)

Pelatihan dan Brevet Pajak A&B

Sertifikasi Mahasiswa Bisnis Digital 2024

Jadwal UTS Semester Genap TA 2023/2024

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut kami sampaikan Jadwal UTS Semester GenapTA 2023/2024:

Terimakasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

TATA TERTIB UJIAN

utsgnp2324

 

Pengumuman Pendaftaran KKN Angkatan 69

“Kuliah Kerja Nyata”

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakulikuler wajib yang memadukan pelaksanaan catur darma UII dengan metode memberikan pengalaman belajar dan bekerja di masyarakat dengan konsep pemberdayaan. Proses pembelajaran sesuai konsep pembelajaran yang berpusat pada siswa, mahasiswa diharapkan mengimplementasikan sebagai pembelajar di masyarakat yang mempunyai kemandirian selama kegiatan. Dengan mengikuti KKN mahasiswa dapat belajar secara langsung mengidentifikasi serta mengelola masalah maupun potensi yang ada di masyarakat berdasarkan keilmuan, serta mampu beradaptasi dalam kehidupan nyata di tengah masyarakat. KKN secara faktual memberikan tantangan dan kesempatan mahasiswa untuk berkomunikasi, berinteraksi dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam menyelesaikan masalah. KKN merupakan salah satu kegiatan akademik yang berperan besar dalam menunjang pencapaian kompetensi lulusan agar mampu memberikan peran kontributif untuk memajukan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan KKN UII mempunyai beberapa prinsip yaitu menumbuhkan kesadaran masyarakat, partisipatif, keberlanjutan, dan Kemandirian. Selain kegiatan utama tersebut, kehadiran mahasiswa KKN diharapkan memberikan motivasi dan inspirasi tentang pendidikan di perguruan tinggi di tengah masyarakat.

Lihat Pengumuman Pendaftaran KKN Angkatan 69

Bisnis Digital UII Menerima Kunjungan dari Politenik Negeri Bali

Prodi Bisnis Digital UII Menerima Kunjungan dari Politenik Negeri Bali

Pada hari Kamis, 18 April 2024 bertempat di Ruang Sidang Sarjana Terapan FBE UII, Prodi Bisnis Digital menerima kunjungan dari Politeknik Negeri Bali.
Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka revisi dan menyelaraskan kurikulum vokasi terutama pada prodi sejenis yaitu Bisnis Digital.
Bapak Gede Pradiva Adiningrat S. AB., M. AB., C. DM sebagai Koordinator Prodi Bisnis Digital Sarjana Terapan Politeknik Negeri Bali mengatakan bahwa kunjungan ini ditujukan untuk menggali informasi dan berbagi pengalaman mengenai pelaksanaan akreditasi, project based learning, internasionalisasi kegiatan, pengelolaan SDM terutama perekrutan Dosen Praktisi ber-NIDK, serta hal lainnya yang terkait.
Dalam kesempatan tersebut Ketua Program Studi Bisnis Digital, Bapak Arief Darmawan SE., MM memberikan penjelasan mengenai kegiatan internasional yang rutin diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Kesempatan kerjasama internasional juga terbuka lebar.
Implementasi project based learning menekankan pada proses belajar mahasiswa yang tidak hanya di kelas namun kepada UMKM dan perusahaan mitra. Selain itu, dosen Prodi Bisnis Digital juga menjelaskan informasi yang berkaitan dengan tujuan studi banding tersebut.

UII dan Odoo Asia Pasific (APAC) Kerjasama Internasional

UII dan Odoo Asia Pasific (APAC) Menjalin Kerjasama Internasional

Sleman, Kamis 29 Februari 2024 – Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia berkomitmen untuk mencetak lulusan yang siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan penyedia aplikasi open source Enterprise Resource Planning (ERP), yaitu Odoo. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan seremoni penandatanganan kerjasama antara UII dengan Odoo Asia Pasific (APAC). Penandatanganan tersebut dilaksanakan secara hybrid, dimana dari pihak UII diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Prof. Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si dan dari pihak Odoo APAC diwakilkan oleh Benny Putra Sugito selaku Direktur Odoo Indonesia.

Selain itu, juga telah dilaksanakan penandatanganan beberapa Implementasi Aktivitas antara Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan dengan Odoo, meliputi implementasi kegiatan perkuliahan sistem ERP menggunakan Odoo dan pelaksanaan kuliah umum internasional. Implementasi Aktivitas tersebut ditandatangani oleh Kaprodi Akuntansi Perpajakan Dra. Marfuah, M.Si., Ak., CA., Cert. CAP dengan Dra. Primanita Setyono, MBA, Ak., CA, CMA, CAPM selaku Direktur Utama PT GPU yang merupakan official partner dari Odoo.

Kegiatan Kerjasama dilanjutkan dengan penyelenggaraan Kuliah Umum Internasional yang bertajuk “Unlocking Odoo Opportunities in The Digital Transformation Era” yang dilaksanakan secara hybrid. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Teatrikal Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. Sardjito Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia. Materi pada kuliah umum tersebut disampaikan oleh Mr. Ivan Kwok selaku Marketing Officer Odoo APAC dan dimoderatori oleh Ibu Ayu Chairina Laksmi, SE., M. AppCom., M. Res., Ph.D., Ak, CA selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan FBE UII.

Benny Putra Sugito selaku Direktur Odoo Indonesia dalam sambutannya menyampaikan bahwa Odoo Education siap berperan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif dengan menyediakan lebih banyak pengetahuan praktis serta pengalaman langsung melalui platform Odoo. Kedepannya dengan adanya kerja sama dengan Odoo APAC, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak yaitu UII dan Odoo APAC.

Mahasiswa Bisnis Digital UII Terpilih Menjadi Duta Inspirasi Indonesia

Mahasiswa Bisnis Digital UII Terpilih Menjadi Duta Inspirasi Indonesia

Pada Kamis, 28 Februari 2024, mahasiswa Bisnis Digital UII terpilih menjadi Duta Inspirasi Indonesia untuk Provinsi Papua Pegunungan. Mahasiswa tersebut adalah Puti Aliya Najwa Syahira. Puti merupakan mahasiswa Bisnis Digital pada semester 2. Duta Inspirasi Indonesia merupakan wadah pemberdayaan pemuda terbaik dari 38 provinsi di Indonesia. Dengan menghadirkan berbagai program kepemudaan yang positif tingkat nasional dan internasional, maka dapat mendukung mendukung tercapainya Indonesia Emas pada tahun 2045. Terpilihnya Puti sebagai Duta Inspirasi Indonesia, diharapkan dapat menginspirasi para pemuda khususnya mahasiswa untuk terus meningkatkan percaya diri dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Mahasiswa Bisnis Digital UII Menjuarai Business Case Competition Tingkat Nasional

Mahasiswa Bisnis Digital UII Menjuarai Business Case Competition Tingkat Nasional

Pada Rabu, 28 Februari 2024 Tim mahasiswa Bisnis Digital UII meraih juara 1 pada kategori Business Case dalam kompetisi bisnis nasional yang diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Indonesia. Kompetisi nasional yang bertajuk “Menjadikan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif dalam Membangun Bisnis Berkelanjutan dengan Digital Kopma Menuju Era 5.0” merupakan sebuah ajang bagi para mahasiswa untuk mencetuskan ide kreatif dan inovatif dalam bidang kewirausahaan. Tim tersebut terdiri dari 3 mahasiswa yaitu Humaira Kiyani Nadia (Angkatan 2021), Nabila Istiqomah (Angkatan 2022) dan Oktavia Indah Kusuma (Angkatan 2022). Dengan diraihnya prestasi tersebut, diharapkan akan membangkitkan semangat mahasiswa Bisnis Digital lainnya untuk selalu menorehkan prestasi.