Summer Camp: Kolaborasi Universitas Islam Indonesia dengan Universiti Teknologi MARA

Kegiatan summer camp merupakan kegiatan tindak lanjut atas kerjasama pada bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat yang telah terjalin antara Universitas Islam Indonesia dengan Universiti Teknologi MARA. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 Juni hingga 13 Juni 2024 di Universiti Teknologi MARA, Cawangan Perak, Kampus Tapah, Malaysia. Kegiatan summer camp hari pertama diawali dengan International Seminar dengan tema “Unleashing Your Potential Shaping Your Growth”. Perwakilan masing-masing prodi Sarjana Terapan FBE UII menyampaikan materi yang telah dipersiapkan. Pada kesempatan tersebut, pembicara dari Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan yang diwakili oleh Ibu Selfira Salsabilla, SE., M.Ak., Ak., CA, menyampaikan materi dengan judul Digital Transformation: Corporate Strategies for Adapting to Changing Business Enviroment. Materi ini disampaikan untuk menjawab salah satu tantangan di era digitalisasi saat ini, yang mana proses bisnis tidak bisa terlepas dari penggunaan alat bantu digital. Prodi Akuntansi Perpajakan sendiri telah membekali mahasiswanya untuk terbiasa menggunakan aplikasi berbasis ERP yaitu software Odoo. Oleh karenanya, pada saat seminar dipaparkan singkat mengenai aplikasi Odoo yang telah diterapkan di Prodi Akuntansi Perpajakan. Sedangkan untuk pembicara dari Prodi Bisnis Digital Program Sarjana Terapan disampaikan oleh Ibu Andriyastuti Suratman, SE., M.Si. dan dari Prodi Analis Keuangan Program Sarjana Terapan diwakilkan oleh Bapak Dityawarman El Aiyubbi, SE., MEK. Pada siang harinya kegiatan summer camp dilanjutkan dengan International Talk yang disampaikan oleh Dr. Mohd Taufik bin Mohd Suffian, AM. (M), ACMA., CGMA yang merupakan dosen Universiti Teknologi Mara. Beliau menyampaikan materi mengenai bagaimana menggali potensi diri untuk mengembangkan karir di masa depan. Kegiatan summer camp hari pertama diakhiri dengan diselenggarakannya International Sport Event yang mempertandingkan olah raga futsal dan netball. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa Sarjana Terapan FBE UII dan mahasiswa UITM.

Pada hari kedua summer camp dilaksanakan kunjungan akademik ke SKTTS Tapah yang merupakan sekolah setara dengan jenjang SD dan setara dengan jenjang SMP. Kegiatan ini berkolaborasi antara dosen dan mahasiswa Sarjana Terapan UII dengan UITM untuk sharing mengenai proses belajar mengajar di sana. Pada siang harinya kegiatan dilanjutkan dengan company visit ke salah satu industri pembuatan dodol yaitu Dodol Opah Yang. Kunjungan industri tersebut memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai proses bisnis usaha dodol dan mahasiswa juga melihat langsung proses produksi dodol tersebut.

Hari ketiga summer camp perwakilan mahasiswa Sarjana Terapan mengikuti The 13th International Invention, Innovation and Design Competition 2024 (INDES 2024)” yang diselenggarakan di Universiti Teknologi Mara Cawangan Perak, Malaysia. Prodi Akuntansi Perpajakan mengirimkan 4 tim untuk mengikuti kompetisi inovasi tersebut. Pada kompetisi tersebut, Prodi Akuntansi Perpajakan berhasil meraih 1 medali perunggu dan 3 medali perak. Kegiatan hari ketiga ditutup dengan diadakannya malam citra budaya. Malam citra budaya merupakan kegiatan untuk lebih mengangakrabkan dan saling bertukar pentas kebudayaan negara masing-masing. Mahasiswa prodi Sarjana Terapan mempersembahkan karya berupa paduan suara dengan menyanyikan lagu kebangsaan, menari daerah, dan membacakan puisi. Harapannya dengan kegiatan summer camp ini bisa terus terjalin dan ke depannya dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.