MENGUATKAN UMKM DIY KEDU MELALUI PENDAMPINGAN FINANCIAL LITERACY DAN MANAJEMEN SDM

UMKM memiliki peran strategis bagi perekonomian Indonesia dengan menjadi penyumbang PDB 61,07% dan menyerap 97% tenaga kerja. Ketatnya persaingan usaha saat ini menuntut UMKM terus berbenah dengan meningkatkan kapasitasnya sehingga diharapkan mampu menumbuhkan usaha. Dalam rangka menguatkan financial literacy dan manajemen SDM pada UMKM, dosen dan mahasiswa Diploma III FBE UII bekerja sama dengan DPPM UII dan komunitas UMKM GENPRO (Global Entrepreneur Professional) chapter DIY Kedu, menyelenggarakan pendampingan Financial Literacy dan Manajemen SDM bagi anggota GENPRO DIY Kedu  yang merupakan pelaku UMKM, dilanjutkan dengan pendampingan rutin.

Pendampingan dimulai dengan Pelatihan Manajemen SDM yang diselenggarakan pada tanggal 18-19 Maret 2021 dibersamai oleh Kang Ryan Martian, MM, CPHRM, yang merupakan founder Supersonality Institute – perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan SDM dan konsultan manajemen. Pelatihan Manajemen SDM terdiri dari Penyusunan Key Performance Indicator (KPI) dan Penyusunan Standart Operational Procedure (SOP). Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan tentang KPI dan langkah mudah menyusunnya, yaitu review tugas inti/uraian pekerjaan individu, review tugas project, analisa dan sinergi tahap 1 dan 2 serta merancang sasaran kinerja, menentukan KPI dan bobotnya, dan target KPI. Peserta juga diberikan pengetahuan tentang SOP, meliputi membentuk tim penyusun SOP, mempelajari proses bisnis, menyusun prosedur kerja, menyusun alur kerja, simulasi SOP, evaluasi dan perbaikan, fixasi SOP, dan sosialisasi SOP.

Tatik, SE, M. Ak, Ak, CA, ASEAN CPA, dosen Prodi Akuntansi Diploma III FBE UII yang telah tersertifikasi sebagai akuntan profesional dan pendamping UMKM dari BNSP, menjafi fasilitator dalam pelatihan Financial Literacy yang diselenggarakan di Hotel Grand Serela Jalan Magelang pada tanggal 29-30 Maret 2021. Pelatihan financial literacy dibagi menjadi 2 tema, yaitu: Pengelolaan Keuangan pada UMKM yang berfokus pada membangun mental kaya, prinsip dasar pengelolaan keuangan usaha, memahami profit dan cash, profesional menggaji diri, dan pembagian pos keuntungan usaha dan Pembukuan Sederhana untuk UMKM dimana peserta didampingi menyusun pembukuan sederhana secara praktis dan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM).

Selain pelatihan financial literacy dan manajemen SDM, tim pengabdi juga membuat program pendalaman materi melalui rangkaian webinar. Webinar tersebut disampaikan oleh praktisi professional dibidangnya. Pelaksanaan webinar ini dilaksanakan secara daring. Setelah mengikuti serangkaian pelatihan dan webinar, peserta mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif yang bersama para mentor GENPRO DIY Kedu selama 10 bulan, dimulai dari April 2021 sampai dengan Januari 2022.

Call For Paper 1st Aplikasi Bisnis 2022

Call For Paper 1st Aplikasi Bisnis 2022

TEMA

PERAN VOKASI DALAM PEMULIHAN EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19

SUB TEMA

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Akuntansi Manajemen
  • Akuntansi Syariah Perpajakan
  • Auditing
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Keuangan
  • Perbankan dan Keuangan
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonomi Islam

JADWAL

  • Pengumpulan : 24 Januari 2022 18:00 WIB
  • Pengumuman : 25 Januari 2022 13:00 WIB
  • Pelaksanaan : 27 Januari 2022 09:00 WIB

Submit dan Template Naskah

Narahubung :

  • Afuan : 083 869 300 879
  • Ditya : 081 285 592 967
  • Nindya : 085 747 317 215

Informasi lengkap bisa unduh poster berikut Poster

Jadwal Ujian Remidi Semester Ganjil TA 2021/2022

Assalamuaalaikum Wr. Wb.

Diberitahukan kepada Mahasiswa/i Program Diploma III Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Kami sampaikan Jadwal Ujian Remidi Semester Ganjil TA 2021/2022 yang dapat di lihat pada tautan Berikut

atas perhatianya kami ucapkan terimakasih

Wassalamuaalaikum Wr. Wb.

Pengumuman Remidi Semester Ganjil TA 2021/2022

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Diumumkan kepada mahasiswa Diploma III Ekonomi Universitas Islam Indonesia, bahwa agenda pelaksanaan Remidi Semester Ganjil TA 2021/2022 sebagai berikut:

Keyin : 17 dan 18 Januari 2022
Pembayaran : 18 dan 19 Januari 2022 Informasi Pembayaran dapat dilihat di Pengumuman
Pembatalan oleh Prodi : 19 Januari 2022 (Setelah masa pembayaran selesai)
Ujian : 21-28 Januari 2022 Jadwal Menyusul

Demikian, harap menjadi perhatian dan maklum.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pengumuman dan Rincian BiayaRemidi Semester Ganjil TA 2021/2022 Klik disini

Jadwal UAS Semester Ganjil TA 2021/2022

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut kami sampaikan Jadwal UAS Semester Ganjil TA 2021/2022:

  • PRODI D3 MANAJEMEN
  • PRODI D3 AKUNTANSI
  • PRODI D3 PERBANKAN DAN KEUANGAN

bisa di unduh pada tautan berikut Download Jadwal UAS Semester Ganjil TA 2021/2022

Terimakasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

SHARING ALUMNI “Sharing to Grow Together” D3 Akuntansi FBE UII

Assalamualaikum Wr. Wb.

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Aktif  D3 Akuntansi bahwasanya akan ada agenda wajib

SHARING ALUMNI “Sharing to Grow Together”

yang akan dilaksanakan pada:

Hari : Sabtu
Tanggal : 11 Desember 2021
Jam : 09.00 – 11.30

Menggunakan Aplikasi Zoom

Berikut adalah link Zoom Meeting untuk acara tersebut:

Join Zoom Meeting

https://uii.zoom.us/j/98008631057?pwd=OHp2ZWhJdGN4TjNxSzU4TTRaYi9Udz09

Meeting ID: 980 0863 1057

Passcode: 650591

Syarat Peserta

  1. Mahasiswa Aktif D3 Akuntansi FBE UII
  2. Datang tepat waktu
  3. Wajib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan
  4. Wajib mengisi daftar hadir via link yang disediakan panitia
  5. Bergabung ke link zoom dengan format nama (NIM_Nama Lengkap)
  6. Link zoom dibuka mulai jam 8.45

Atas perhatianya kami ucapkan terimakasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berikut adalah link POSTER KEGIATAN

 

Daftar Penerima Beasiswa Program Diploma III Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh,

Berdasarkan hasil seleksi tahap kedua (wawancara), dengan ini kami informasikan nama-nama mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan dinyatakan sebagai penerima beasiswa Program Diploma Tiga Tahun 2021.

 

NO NIM NAMA MAHASISWA JURUSAN KET
1 19211014 Mohammad Yasin Morawi Manajemen PPA
2 19211061 Anjar Sodyqoh Manajemen PPA
3 20211121 Danisa Regita Cahyani Manajemen PPA
4 19211095 Ayu Fitri Mabarroh Tajuddin Manajemen PPA
5 20211083 Frendy Harnanto Manajemen BBEL
6 20211117 Agung Wicaksono Manajemen BBEL
7 20211118 Farrah Firdatul Izzah Manajemen BBEL
8 20211125 Novi Yuliska Putri Manajemen BBEL
9 20211037 Putri Dewayanti Nur Santoso Manajemen BBEL
10 19211091 Alfina Agustin Manajemen BBEL
11 19212004 Safera Putri Lestari Akuntansi PPA
12 20212024 Dian Rachmasari Akuntansi PPA
13 19212080 Felysia Nur Indah Susanti Akuntansi PPA
14 19212069 Iva Fatmawati Akuntansi PPA
15 19212028 Sekar Ayu Puspitaning Arum Akuntansi PPA
16 20212080 Nur Laeli Setyaningsih Akuntansi PPA
17 19212082 Eva Khuryatun Nadziva Akuntansi BBEL
18 20212095 Suprianto Akuntansi BBAY
19 19212046 Wilujeng Ratnaning Tyas Akuntansi BBAY
20 19212005 Arlina Septia Finola Andini Akuntansi BBEL
21 20213036 Adinda Meisya Gina Perbankan dan Keuangan PPA
22 19213029 Ficky Anwar Perbankan dan Keuangan PPA
23 19213034 Monita Malahani Perbankan dan Keuangan PPA
24 19213003 Putri Indahsari Perbankan dan Keuangan PPA
25 19213089 Andika Syah Putra Pratama Perbankan dan Keuangan PPA
26 19213016 Dwiko Adiya Perbankan dan Keuangan PPA
27 19213040 Bella Tri Cahyantari Perbankan dan Keuangan BBEL
28 19213050 Annisa Nurfatia Perbankan dan Keuangan BBEL
29 19213047 Balqis Cahyaningrum Perbankan dan Keuangan BBAY

 

Adapun surat keputusan (SK) Dekan FBE UII mengenai penetapan penerima beasiswa akan disampaikan dapat diakses pada tautan berikut https://bit.ly/BeasiswaD3_2021 (gunakan email UII).

Demikian pengumuman ini kami sampaikan untuk dapat dijadikan perhatian. Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.

Isi Nilai Kinerja Mengajar Dosen (NKMD) Sem Ganjil TA 2021/ 2022 Secara Online

Isi NKMD

Cek status Pengisian NKMD