Sleman, 25 Januari 2025 – Kompetisi INSPIRE 2025 kembali digelar oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII sebagai ajang bergengsi bagi mahasiswa FBE UII untuk berkreasi dan berinovasi ke dalam 3 kompetisi, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Setelah melalui serangkaian sosialisasi, coaching clinic, submit proposal dan pengumuman finalis, 5 finalis terbaik untuk masing-masing kompetisi akan mempresentasikan proposal mereka untuk setiap program kompetisi. Mahasiswa Prodi Akutansi Perpajakan (AP) berhasil mewakilkan 7 tim untuk mengikuti kompetisi tersebut.
Pada ajang PKM-PM, dua tim prodi AP berhasil meraih posisi Terbaik 3 dan 4. Terbaik 3 PKM-PM diraih oleh tim yang dipimpin oleh Dwi Kurniawan Syach dengan anggota Eka Lulu Khoirun Nisa, Asep Subagya, dan Rayhan Pradana Herasdinata. Mereka mengusung proyek berjudul “Panti Asuhan Sembada Pangan untuk Pencegahan Stunting dan Penggerakan Sumber Daya Ekonomi”, yang berfokus pada upaya pemberdayaan panti asuhan dalam mendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting. Terbaik 4 diperoleh Rifqy Haris Gunawan dengan anggota Shafina Alya, Reti Alfiyani, Radityo Edric Setiawan, dan Sayyid Muhammad Faqih. Proyek mereka, “Edukasi Pentingnya Gizi, Intervensi Langsung Seperti Pembuatan MPASI Berbahan Lokal, serta Pemberdayaan Masyarakat untuk Menciptakan Perubahan Berkelanjutan”, bertujuan meningkatkan kesadaran gizi dan pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi masalah stunting.
Pada ajang PKM-VGK, tim mahasiswa Prodi AP berhasil meraih posisi Terbaik 1 dan Terbaik 3. Terbaik 1 diperoleh Muhammad Rifqi Fahreza dengan anggota Fathia Aqila Zatadini, Nugraheni Novita Hutami, dan Dimas Andika Putra. Karya mereka, “Aplikasi Mobile untuk Peran Teknologi dalam Pelestarian Kearifan Lokal”, menghadirkan solusi digital inovatif dalam melestarikan budaya lokal. Terbaik 3 diperoleh Ismail Jundi Ash Shiddiq dengan anggota Annisa Diva Masyita, Erwin Dwiadji Setiawan, dan Hasfi Sandireno Permana. Mereka mengembangkan “WaterHarvest: Inovasi Teknologi Pengolahan Air Hujan sebagai Solusi Air Bersih dan Layak Minum Berkelanjutan serta Mengurangi Ketergantungan pada Air Tanah”.
Sementara itu, dalam PKM-GVT, Prodi AP berhasil menduduki peringkat Terbaik 2 dengan tim yang dipimpin Nayshila Nur Ramadhani dengan anggota Ghina Salsabila Noor Fawwaziana, Tri Septi Ramdani, dan Alifia Rizqina Putri. Mereka mengusung proyek inovatif berjudul “MOGA: Sebuah Pendekatan Baru dalam Mengatasi Tantangan Logistik Pengelolaan Sampah di Indonesia”.
Diajang KBMK, Prodi AP berhasil memperoleh peringkat 2 pada kategori Keuangan Audit Invetigatif dengan tim yang diketuai oleh M. Andhyika Febriansyah dengan anggota Shinta Kusuma Dewi dan Inneke Maysofi. Mereka mengangkat studi kasus “Penerapan Audit Investigatif dalam Mengungkap Potensi Fraud Pengadaan Aset Perusahaan”, yang membahas indikasi kecurangan dalam pengadaan aset di perusahaan cabang A. Selain itu, Prodi AP juga berhasil memperoleh peringkat Terbaik 1 pada bidang Karya Tulis Ilmiah dengan anggota tim Asep Subagya dan Troy Amirul Ahmad dengan makalah berjudul “Eksplorasi Pengelolaan Limbah: Implementasi Ekonomi Sirkular Menuju Keberlanjutan”, yang menyoroti pentingnya ekonomi sirkular dalam pengelolaan limbah dan dampaknya terhadap keberlanjutan lingkungan.
Kedepannya, dengan adanya INSPIRE, diharapkan lahir generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas tinggi, terutama dalam bidang akuntansi, perpajakan, bisnis, dan keuangan.
Lanjutkan Kerjasama dengan PT Ultima Tekno Solusindo, Prodi Akuntansi Perpajakan Gelar Uji Sertifikasi Accurate
Pada hari Senin, 3 Februari 2025, Prodi Akuntansi Perpajakan kembali melanjutkan kerjasama dengan PT Ultima Tekno Solusindo dalam penyelenggaraan Certified Accurate Professional (CAP). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Lab Komputer Gedung Muhammad Adnan Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia. Kegiatan diawali dengan penyelenggaraan pelatihan sertifikasi selama 2 hari, pada Senin dan Selasa, 3-4 Februari 2025 dan dilanjutkan dengan ujian sertifikasi CAP yang dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Februari 2025.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pengoperasian software Accurate, yang merupakan salah satu software Akuntansi terkemuka di Indonesia. Diharapkan dengan adanya pelatihan dan uji sertifikasi ini, mahasiswa lebih siap untuk menghadapi persaingan di dunia kerja, khususnya dalam bidang akuntansi dan perpajakan berbasis teknologi.
Ketua Program Studi Akuntansi Perpajakan, Dra. Marfuah, M.Si., Ak., CA., Cert. SAP. menyampaikan bahwa kolaborasi ini merupakan upaya yang diambil dalam meningkatkan kompentensi mahasiswa. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan PT Ultima Tekno Solusindo. Pelatihan dan uji sertifikasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah mahasiswa yang bisa menjadi keunggulan kompetitif mereka saat memasuki dunia kerja.” katanya.
“Sangat seru! Walaupun sedang liburan, mengikuti sertifikasi ini justru membuat kami lebih banyak belajar tentang penggunaan Accurate secara lebih efektif,” ujar Queen Mutmainah Umaternate yang merupakan salah satu peserta.
Dengan suksesnya penyelenggaraan pelatihan dan uji sertifikasi ini, Program Studi Akuntansi Perpajakan berencana untuk terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya saing lulusan.
Jadwal Ujian Remidial Semester Ganjil TA 2024/2025
Assalamuaalaikum Wr. Wb.
Diberitahukan kepada Mahasiswa/i Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Kami sampaikan Jadwal Ujian Remidial Semester Ganjil TA 2024/2025 yang dapat di lihat pada tautan Berikut
atas perhatianya kami ucapkan terimakasih
Wassalamuaalaikum Wr. Wb.
Pendaftaran Taklim I dan II bagi mahasiswa lama
Assalamualaikum Wr. Wb.
diberitahukan kepada mahasiswa/i Program Sarjana Terapan FBE UII angkatan 2020 ,2021, 2022, 2023 yang belum mengikuti/mengulang
kegiatan Taklim I dan Taklim II, bisa melakukan pendaftaran melalui Link berikut:
daftar Taklim I dan Taklim II
maksimal pendaftaran 10 Februari 2025
atas perhatianya kami ucapkan terimaksih
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pengumuman Remidial Semester Ganjil TA 2024/2025
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Diumumkan kepada mahasiswa Sarjana Terapan FBE Universitas Islam Indonesia, bahwa agenda pelaksanaan Remedial Semester Ganjil TA 2024/2025 sebagai berikut:
– melalui loket Bank/transfer, ATM, dan Internet Banking (Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Bukopin, Bank Syariah Indonesia, dan BPD DIY Syariah) sesuai dengan tagihan yang ada di UIIGateway
Demikian, harap menjadi perhatian dan maklum.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Pengumuman Remidial Semester Ganjil TA 2024/2025 Klik disini
Mahasiswa Berprestasi! Tim Akuntansi Perpajakan Sukses Raih Juara di Kompetisi INSPIRE 2025
Sleman, 25 Januari 2025 – Kompetisi INSPIRE 2025 kembali digelar oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII sebagai ajang bergengsi bagi mahasiswa FBE UII untuk berkreasi dan berinovasi ke dalam 3 kompetisi, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Setelah melalui serangkaian sosialisasi, coaching clinic, submit proposal dan pengumuman finalis, 5 finalis terbaik untuk masing-masing kompetisi akan mempresentasikan proposal mereka untuk setiap program kompetisi. Mahasiswa Prodi Akutansi Perpajakan (AP) berhasil mewakilkan 7 tim untuk mengikuti kompetisi tersebut.
Pada ajang PKM-PM, dua tim prodi AP berhasil meraih posisi Terbaik 3 dan 4. Terbaik 3 PKM-PM diraih oleh tim yang dipimpin oleh Dwi Kurniawan Syach dengan anggota Eka Lulu Khoirun Nisa, Asep Subagya, dan Rayhan Pradana Herasdinata. Mereka mengusung proyek berjudul “Panti Asuhan Sembada Pangan untuk Pencegahan Stunting dan Penggerakan Sumber Daya Ekonomi”, yang berfokus pada upaya pemberdayaan panti asuhan dalam mendukung ketahanan pangan dan pencegahan stunting. Terbaik 4 diperoleh Rifqy Haris Gunawan dengan anggota Shafina Alya, Reti Alfiyani, Radityo Edric Setiawan, dan Sayyid Muhammad Faqih. Proyek mereka, “Edukasi Pentingnya Gizi, Intervensi Langsung Seperti Pembuatan MPASI Berbahan Lokal, serta Pemberdayaan Masyarakat untuk Menciptakan Perubahan Berkelanjutan”, bertujuan meningkatkan kesadaran gizi dan pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi masalah stunting.
Pada ajang PKM-VGK, tim mahasiswa Prodi AP berhasil meraih posisi Terbaik 1 dan Terbaik 3. Terbaik 1 diperoleh Muhammad Rifqi Fahreza dengan anggota Fathia Aqila Zatadini, Nugraheni Novita Hutami, dan Dimas Andika Putra. Karya mereka, “Aplikasi Mobile untuk Peran Teknologi dalam Pelestarian Kearifan Lokal”, menghadirkan solusi digital inovatif dalam melestarikan budaya lokal. Terbaik 3 diperoleh Ismail Jundi Ash Shiddiq dengan anggota Annisa Diva Masyita, Erwin Dwiadji Setiawan, dan Hasfi Sandireno Permana. Mereka mengembangkan “WaterHarvest: Inovasi Teknologi Pengolahan Air Hujan sebagai Solusi Air Bersih dan Layak Minum Berkelanjutan serta Mengurangi Ketergantungan pada Air Tanah”.
Sementara itu, dalam PKM-GVT, Prodi AP berhasil menduduki peringkat Terbaik 2 dengan tim yang dipimpin Nayshila Nur Ramadhani dengan anggota Ghina Salsabila Noor Fawwaziana, Tri Septi Ramdani, dan Alifia Rizqina Putri. Mereka mengusung proyek inovatif berjudul “MOGA: Sebuah Pendekatan Baru dalam Mengatasi Tantangan Logistik Pengelolaan Sampah di Indonesia”.
Diajang KBMK, Prodi AP berhasil memperoleh peringkat 2 pada kategori Keuangan Audit Invetigatif dengan tim yang diketuai oleh M. Andhyika Febriansyah dengan anggota Shinta Kusuma Dewi dan Inneke Maysofi. Mereka mengangkat studi kasus “Penerapan Audit Investigatif dalam Mengungkap Potensi Fraud Pengadaan Aset Perusahaan”, yang membahas indikasi kecurangan dalam pengadaan aset di perusahaan cabang A. Selain itu, Prodi AP juga berhasil memperoleh peringkat Terbaik 1 pada bidang Karya Tulis Ilmiah dengan anggota tim Asep Subagya dan Troy Amirul Ahmad dengan makalah berjudul “Eksplorasi Pengelolaan Limbah: Implementasi Ekonomi Sirkular Menuju Keberlanjutan”, yang menyoroti pentingnya ekonomi sirkular dalam pengelolaan limbah dan dampaknya terhadap keberlanjutan lingkungan.
Kedepannya, dengan adanya INSPIRE, diharapkan lahir generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas tinggi, terutama dalam bidang akuntansi, perpajakan, bisnis, dan keuangan.
Pengukuhan Relawan Pajak dalam Negeri Indonesia, Mahasiswa UII Resmi Menjadi RENJANI 2025
Sleman, 15 Januari 2025 – Universitas Islam Indonesia, melalui Tax Center-nya menunjukkan komitmennya dalam mendukung edukasi dan sosialisasi perpajakan dengan mengukuhkan mahasiswa sebagai Relawan Pajak dalam Negeri Indonesia (RENJANI) periode tahun 2025. Agenda pengukuhan tersebut dihadiri oleh perwakilan Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akademisi, pengurus Tax Center di DIY, serta para mahasiswa yang siap untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran pajak di masyarakat.
Sebanyak 15 mahasiswa UII yang terdiri dari 14 mahasiswa Program Studi Akuntansi Perpajakan dan 1 mahasiswa Program Studi Teknik Industri resmi dikukuhkan sebagai RENJANI periode Tahun 2025. Proses pengukuhan diselenggarakan secara luring di Aula Yudhistira Lantai 7 Kanwil DJP DIY untuk perwakilan masing-masing Tax Center dan sebagian lainnya bergabung dalam kanal daring. Para mahasiswa ini akan menjalankan tugas dalam beragam kegiatan edukasi, sosialisasi, serta pendampingan perpajakan bagi wajib pajak orang pribadi maupun pelaku bisnis. Program ini memberikan pengalaman praktik langsung bagi mahasiswa dalam bidang perpajakan.
Perwakilan dari DJP Kanwil DIY sangat mengapresiasi kepada para mahasiswa atas kesediaannya menjadi bagian dari RENJANI. Salah satu mahasiswa yang dikukuhkan, Eka Lulu Khoirun Nisa mengungkapkan bahwa dirinya bangga menjadi bagian RENJANI. “Dengan bergabung menjadi RENJANI, memberikan kesempatan bagi saya untuk mendapatkan pengalaman praktik langsung melalui pendampingan terhadap wajib pajak dan harapannya saya mampu berkontribusi dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan,” katanya.
Dengan dikukuhkannya mahasiswa UII sebagai Relawan Pajak 2025, diharapkan mereka dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam mendukung sistem perpajakan nasional yang lebih transparan dan berkeadilan.
Jadwal UAS Semester Ganjil TA 2024/2025
Assalamualaikum Wr. Wb.
Berikut kami sampaikan Jadwal UAS Semester Ganjil TA 2024/2025:
Terimakasih
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kunjungan Dosen Pembimbing Magang Ke HTC TRAINING & CONSULTING
Pada hari Jumat 29 November 2024 dosen pembimbing magang ibu Ayu Chairina Laksmi berkesempatan mengunjungi mahasiswa yang sedang magang di salah satu mitra industri Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan UII yaitu HTC Training & Consulting. HTC Training & Consulting merupakan Kantor Konsultan, Penyedia Layanan Jasa Perpajakan, dan juga Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) berizin Disnaker dan telah terakreditasi. HTC Training & Consulting bergerak di bidang jasa Pendidikan, Pelatihan Pajak dan Layanan tenaga perpajakan yang berpusat di Yogyakarta. HTC Training & Consulting bertujuan untuk menjadi jawaban dari keinginan masyarakat yang membutuhkan pemahaman terutama di bidang Akuntansi dan Perpajakan. HTC Training & Consulting juga dapat membantu perusahaan dan organisasi untuk menyiapkan karyawan yang professional dan mempunyai kemampuan teknis dan analisis untuk laporan-laporan perpajakannya.
Mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan UII yang saat ini tengah melakukan magang industri di HTC Training & Consulting adalah Haxel Khalif Qaizar, Akhmad Faiz Maghfur, Karmilita Wulandari, Devy Berliana, dan Devita Putri Rahmadani. Mahasiswa yang magang di HTC Training & Consulting telah diberi tugas dan mempelajari banyak hal seperti mengisi e-billing pajak pribadi, penjurnalan, pelaporan E-Bupot PPh Unifikasi, Impor Data dari DJP, melakukan pelaporan E-Bupot Unifikasi, mengisi data PPh 23 ke DJP Online, menyiapkan bukti potong per bulan, mengikuti bimbingan studi kasus tentang PPh 21,23 dan 4 ayat 2, mengerjakan kasus PPh 23, mengerjakan jurnal umum, neraca lajur dan posisi keuangan klien, menyelesaikan tugas untuk menjadi asesi dan membantu pelaksanaan ujian asesor kompetensi dan tugas lainnya. Dalam kunjungan magang tersebut, ibu Ayu Chairina Laksmi bertemu dan berdiskusi dengan supervisor magang di HTC Training & Consulting yaitu ibu Ridzkiani Yulisutiawati. Pada kunjungan magang tersebut supervisor magang menceritakan tugas-tugas mahasiswa yang magang di HTC Training dan Consulting dan juga menginformasikan tentang progress pekerjaan serta kedisplinan mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan UII ketika melakukan kegiatan magang. Dosen pembimbing magang kemudian menyampaikam feedback dari supervisor tersebut kepada para mahasiswa magang agar mereka bisa lebih giat dan disiplin lagi dalam bekerja dan menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh HTC Training & Consulting selama program magang berlangsung.
Kunjungan dan Monitoring Mahasiswa Magang di Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta
Kegiatan magang adalah aktivitas wajib bagi mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, UII. Salah satu mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan yaitu Wendysstila Lituhayu Roshita melakukan kegiatan magang di Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta sejak bulan September 2024. Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipimpin oleh seorang Paniradya Pati, dan bertugas untuk membantu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penyusunan kebijakan urusan keistimewaan dan pengoordinasian administratif urusan keistimewaan. Paniradya Kaistimewan mempunyai kedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur dan secara administratif dikoordinasikan oleh Sekretaris Daerah.
Tertulis di website Paniradya Kaistimewan DIY bahwa visi dan misi Paniradya Kaistimewan DIY adalah menjaga dan merawat keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu Paniradya Kaistimewan mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah dalam penyusunan kebijakan urusan keistimewaan, perencanaan, dan pengendalian urusan keistimewaan serta pengoordinasian administrasi urusan keistimewaan. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Paniradya Kaistimewan mempunyai fungsi: 1) Perumusan program kerja Paniradya Kaistimewan; 2) Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan tugas dan fungsi Paniradya Kaistimewan; 3) Penyusunan laporan pelaksanaan tugas Paniradya Kaistimewan dan penyelenggaraan pelayanan Parampara Praja; 4) Fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan hubungan antar lembaga; penyelenggaraan kegiatan kesekretariatan; 5) Penyelenggaraan pengendalian program keistimewaan; 6) Penyelenggaraan pembinaan di bidang perencanaan program keistimewaan; 7) Pengordinasian penyusunan perencanaan program keistimewaan.
Wendysstila mahasiswa Prodi Akuntansi Perpajakan yang saat ini tengah magang di Paniradya Kaistimewan Daerah Istimewa Yogyakarta ditempatkan di Subbagian Keuangan, Sekretariat dan berada di bawah supervisi ibu Fenny Mufidta yang menjabat sebagai Bendahara, Subbagian Keuangan, Sektetariat. Pada kunjungan dosen pembimbing magang ibu Ayu Chairina Laksmi di hari Senin tanggal 25 November 2024 ke kantor Paniradya Kaistimewan, ibu Ayu berkesempatan untuk bertemu langsung dengan ibu Fenny Mufidta dan mahasiswa magang Wendysstila. Dalam kunjungan tersebut telah dijelaskan bahwa tugas mahasiswa magang di Paniradya Kaistimewan termasuk menginput bukti rekam setor pajak unifikasi dan SPT 21, membuat SPP dan SPM untuk gaji Tenaga Ahli (TA), menginput SPJ di SIPD sebagai Tanda Bukti Pembayaran dan menginput rekanan, menginput informasi jabatan melalui web Sajak Sibaskom, menghadiri sosialisasi Edukasi Inklusi Keuangan dan Perlindungan Konsumen, membantu mempersiapkan LPJ Bendahara Pengeluaran untuk diserahkan ke Inspektorat, menyiapkan dan mengantarkan Surat Perintah Membayar yang diajukan kepada BPKA serta membantu menyimpan berkas arsip di ruang arsip. Dalam melakukan tugas-tugas di Paniradya Kaistimewan, mahasiswa telah mendapatkan banyak pengetahuan tentang penatausahaan keuangan di Paniradya Kaistimewan termasuk mengetahui mekanisme pembuatan Surat Permintaan Pembayaran dan Surat Perintah Membayar, mengenal lembar disposisi serta mengetahui penginputan tanda bukti pembayaran belanja bulanan kantor, yang akan direkam di MS Excel dan digunakan untuk menginput rekam bukti penyetoran SPT Unifikasi dan SPT 21.
Pelatihan Desain Grafis dan Videografi untuk Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan FBE UII
Prodi Akuntansi Perpajakan Program Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia menggelar pelatihan desain grafis dan videografi untuk Tim Marketing Communication Program Studi Akuntansi Perpajakan. Acara yang berlangsung pada Senin, 18 November 2024 tersebut bertujuan untuk membekali Tim Marketing Communication Program Studi Akuntansi Perpajakan dengan keterampilan kreatif di era digital.
Bertempat di ruang Lab Komputer Lantai 2 Sarjana Terapan FBE UII, pelatihan ini menghadirkan praktisi desain grafis dan videografi profesional. Sesi pertama yang berfokus pada desain grafis dipandu oleh Rosikhul Ilmi, seorang graphic designer ternama yang membantu di PSS Sleman sekaligus alumni Ilmu Komunikasi UII. Rosikhul membahas tentang penguasaan software seperti Adobe Photoshop dan Canva, serta prinsip-prinsip desain untuk branding dan media sosial.
Sesi kedua adalah pelatihan videografi yang disii oleh Jogi Syamanta. Beliau adalah videografi spesialis dari Universitas Islam Indonesia. Pelatihan videografi tersebut memperkenalkan teknik pengambilan gambar, pengeditan menggunakan Adobe Premiere, serta trik story telling visual untuk konten promosi. Mahasiswa juga diajak praktik langsung membuat video pendek, mulai dari konsep hingga produksi.
Menurut Ketua Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan Ibu Selfira Salsabilla, SE., M.Ak., CA. pelatihan ini dirancang untuk mengasah kemampuan soft skills Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan, khususnya dalam bidang komunikasi visual. “Kemampuan desain grafis dan videografi saat ini sangat penting, terutama untuk media promosi Prodi akuntansi perpajakan yang kelak akan membutuhkan presentasi kreatif untuk menjelaskan data atau memasarkan Prodi Akuntansi Perpajakan,” ujarnya.
Salah satu peserta, Eka Lulu, mengungkapkan antusiasmenya: “Pelatihan ini membuka wawasan kami. Ternyata, kemampuan kreatif juga relevan dalam bidang akuntansi, terutama untuk memvisualisasikan data secara menarik”.
Diharapkan, pelatihan ini dapat menjadi awal pengembangan keterampilan Tim Marketing Communication Prodi Akuntansi Perpajakan di luar bidang akademik utama mereka, sehingga mampu bersaing di dunia kerja yang semakin dinamis.