• Link to X
  • Link to Facebook
  • Link to Instagram
  • Link to Youtube
  • Universitas
  • Gateway
  • Classroom
  • Mail
Sarjana Terapan Universitas Islam Indonesia
  • PROFIL
    • Sambutan Dekan
    • Sejarah
    • Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Kontak
  • PROGRAM STUDI
    • BISNIS DIGITAL
    • AKUNTANSI PERPAJAKAN
    • ANALISIS KEUANGAN
  • BERITA
  • LAYANAN
    • Fasilitas Kampus UII
    • Mahasiswa
      • Layanan Akademik
      • Layanan Keuangan
    • Posting Kelulusan
    • Pengumuan WISUDA
    • ALUMNI
      • Ikatan Alumni UII
      • Pusat Karir UII
      • Donasi Alumni
      • Tracer Study UII
  • PUBLIKASI
  • DOWNLOAD
  • id
    • ar
    • en
    • id
  • Click to open the search input field Click to open the search input field Search
  • Menu Menu
  • Tentang

    Program Studi Bisnis Digital sebagai salah satu Program Sarjana Terapan di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia merupakan program studi dengan dasar pendidikan vokasi yang memberikan keahlian khusus dalam rangka mendukung transformasi digital di bidang bisnis. Prodi Bisnis Digital memiliki kurikulum vokasi berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan berbagai metode pembelajaran seperti project-based learning, product-based learning, problem-based learning, case-based learning, dan lainnya. Kurikulum ini menjadi acuan dalam implementasi kurikulum yang mengedepankan kebaruan teknologi dan inovasi. Lulusan Prodi Bisnis Digital dipersiapkan untuk menjadi para profesional yang berpotensi siap kerja dan siap dikembangkan, dibekali dengan kompetensi dan keterampilan kewirausahaan, serta sertifikasi kompetensi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Staf pengajar Prodi Bisnis Digital berasal dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman dan tersertifikasi di bidangnya. Selain itu, fasilitas pendukung seperti galeri investasi dan laboratorium terintegrasi menjadi penunjang proses pembelajaran (Lab Ritel Syar’e Mart, Lab Business Game, dan Lab Sistem Informasi Manajemen), serta tersedianya berbagai macam beasiswa, baik internal maupun eksternal.

  • Visi

    Menjadi Program Studi Bisnis Digital Sarjana Terapan berlandaskan rahmatan lil’alamin, dengan perspektif global dan berkontribusi bagi masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri.

     To be an applied undergraduate program in digital business, based on the values of rahmatan lil’alamin with a global perspective and contribute to society, the business, and the industrial world.

  • Misi

    Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang kompeten dalam bidang bisnis digital yang berkarakter Islami, berwawasan mondial, dan berkontribusi bagi pengembangan masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri.

    To produce competent digital business graduates with Islamic character, mondial perspective, and contribute to society, the business, and the industrial world.

  • Tujuan

    Tujuan Program Studi adalah menghasilkan lulusan:

    1. berpengetahuan, berketerampilan, dan bersikap profesional untuk berkompetisi di industri dengan berorientasi pada nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin;
    2. berintegritas dan berkepribadian yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam dan berdedikasi tinggi, serta berkontribusi pada masyarakat, dunia usaha, dan dunia industri.

    The Study Program aims to produce digital business graduates who:

    1. acquire the knowledge, skills, and professional attitude to compete well in the industry and achieve the values of rahmatan lil’alamin (mercy for the universe);
    2. have integrity and an Islamic-oriented personality, and a strong dedication to contributing to society, the business, and the industrial world.
Gelar & Strata
STr.Bns. – Sarjana Terapan
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  UNGGUL

Akreditasi Internasional :
❯  –

Daftar Sekarang
PROFIL LULUSANKEUNGGULANKURIKULUMCPL
Previous Previous Previous Next Next Next
  • Manajer Pemasaran

    Bertanggung jawab melaksanakan fungsi manajerial bidang pemasaran, serta membangun hubungan dengan konsumen untuk level organisasi bisnis digital bercirikan AKTIF

  • Manajer Sumber Daya Manusia

    Bertanggung jawab melaksanakan fungsi manajerial bidang SDM, terkait dengan dengan pengadaan, pemeliharaan, dan pemutusan SDM untuk level organisasi bisnis digital bercirikan AKTIF

  • Manajer Keuangan

    Bertanggung jawab melaksanakan fungsi manajerial bidang keuangan, terkait dengan pengelolaan keuangan perusahaan secara periodik untuk level organisasi bisnis digital bercirikan AKTIF

  • Manajer Operasional

    Bertanggung jawab melaksanakan fungsi manjerial bidang operasional, terkait dengan proses produksi dan operasi perusahaan untuk level organisasi bisnis digital bercirikan AKTIF

  • Analis Bisnis Digital

    Analis bisnis yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi bisnis digital agar manajemen dapat beroperasi lebih efektif dan efisien, serta dapat mengembangkan bisnis digitalnya dengan bercirikan AKTIF

  • Wirausahawan Bisnis Digital

    Wirausahawan muslim yang kreatif, inovatif, melek teknologi dan peduli pada lingkungan sekitar bercirikan AKTIF

  • Pengajar

    Dosen Prodi Bisnis Digital berasal dari akademisi dan praktisi yang berpengalaman dan tersertifikasi di bidangnya. Totalnya ada 9 (Sembilan) dosen tetap program studi (DTPS) dengan total 20 dosen tetap perguruan tinggi (DTP) dan 7 (tujuh) dosen praktisi. Dosen-dosen tersebut telah memiliki sertifikasi kompetensi seperti Qualified Wealth Planner (FPSB), Certified Financial Planner (FPSB), Certified Digital Marketing Professional (AAPM), Certified Master Project Management (Brainbench Previsor Company), Certified Human Resources Analyst (CHRA), Sales and Brand Operation (Markplus), Penyelia Sumber Daya Manusia (BNSP), Pendamping Kewirausahaan (BNSP), dan masih banyak lainnya.

  • Sarana & Prasarana

    Sarana yang tersedia antara lain :

    • Ruang kuliah yang dilengkapi dengan meja, kursi, microphone, white board, LCD Projector, sound system, dan AC.
    • Koneksi internet dan sistem informasi
    • Perpustakan yang dapat diakses secara online maupun offline dengan kolekasi yang lengkap
    • Software pembelajaran untuk mendukung kompetensi mahasiswa, meliputi: SPSS, Eviews, Accurate, Zahir, Visio, ACL, dan ATLAS
    • Laboratorium berbasis teknologi maupun manual
    • Ruang dosen, ruang kerja tenaga kependidikan dan ruang tamu
    • Auditorium yang luas untuk kegiatan kuliah umum, workshop dan kegiataan kemahasiswaan

    Prasarana yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa antara lain :

    • Ruang kuliah yang nyaman serta musholla dan kantin
    • Beberapa laboratorium :
    • Laboratorium Komputer Terintegrasi untuk menunjang pembelajaran praktik perkuliahan berbasis teknologi dan kolaboratif
    • Laboratorium Business Game untuk melakukan simulasi Digital Business
    • Laboratorium Sistem Informasi Manajemen untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan di bidang Manajemen dan Bisnis
    • Laboratorium Ritel Syar’e Mart untuk mendukung praktik Manajemen Ritel dan E-Commerce
    • Galeri Investasi untuk pembelajaran praktik dan simulasi investasi serta diskusi pasar modal
  • Sertifikasi

    1. Sertifikasi Pemasaran Bidang Layanan (LSP Pemasaran)
    2. Sertifikasi Pemasaran Bidang Penjualan (LSP Pemasaran)
    3. Sertifikasi Manajemen Sumber Daya Manusia (LSP Manajemen Sumber Daya Manusia)
  • Kerja sama

    1. PT Mega Andalan Kalasan (MAK)
    2. Primissima
    3. Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI)
    4. CV Mubarok food Cipta Delicia
    5. CV Putra Mina
    6. CV Sogan Jaya Abadi
    7. BMT AL Ikhwan
    8. Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta

Konten Sedang Dimutahirkan

Konten Sedang Dimutahirkan

Gedung Muhammad Adnan
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Yogyakarta 55584
T (0274) 898444 Ekstensi 2700
E sarjanaterapan@uii.ac.id
W diploma.fecon.uii.ac.id

Akreditasi Institusi Unggul. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2021.

© Copyright - Program Studi Sarjana Terapan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia | Pengelolaan Situs Web | Pernyataan Sangkalan | Tampilan Lama | Konten dimutahirkan Agustus 2022
Scroll to top Scroll to top Scroll to top